JURNAL METODE TITRIMETRI PDF

Validasi Metode Analisis Kadar Kalsium pada Susu Segar secara Titrasi Kompleksometri. Jurnal Natural. Vol. 12, No. .. a) Metode asam klorida-natrium hidroksida Sebanyak g umbi menggunakan metode titrimetri sesuai AOAC. (). Metode: Diantara banyak metode kolorimetri yang ada untuk menganalisis gula pereduksi, yang paling pada titrimetri, banyak memakan waktu, sulit.

Author: Akikazahn Kajigor
Country: Nepal
Language: English (Spanish)
Genre: Personal Growth
Published (Last): 17 July 2017
Pages: 444
PDF File Size: 20.81 Mb
ePub File Size: 4.43 Mb
ISBN: 476-2-96952-519-6
Downloads: 88286
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yotilar

Prosiding Seminar Nasional Sains Mipa dan Aplikasi (ISBN: 978-602-98559-1-3)

Dan seluruh volume asam oksalah yang dibutuhkan adalah 10 ml dan pada penentuan konsentrasi NaOH didapat normalitas NaOH sebesar 0, N. Karena itu penentuan kadar dengan cara titrasi dilakukan dengan menggunakan larutan baku basa NaOH.

Indikator fenolftalein akan berubah warna ketika titik ekivalen terjadi dan pada saat itulah proses titrasi dihentikan. Kosolven adalah pelarut yang ditambahkan dalam suatu sistem untuk membantu melarutkan atau meningkatkan stabilitas dari suatu zat. Turunkan buret dan statifnya ke lantai agar jika ada larutan yang tumpah File link: Pada pengenceran zat padat terlebih dahulu diambil zat nya kemudian dicampur dan ditambahkan aquadest sampai tanda batas dilabu ukur.

Hal ini dilakukan agar dalam proses praktikum tidak mengalami kegagalan akibat adanya senyawa atau zat yang masih menempel di dinding peralatan yang akan digunakan.

Berdasarkan hasil percobaan dapat diketahui bahwa telah terjadi reaksi asam basa antara asam oksalat sebagai asam lemah dan NaOH sebagai basa kuat. Fungsi gliserin dalam percobaan ini adalah sebagai kosolven yaitu zat yang berfungsi untuk titrimeyri kelarutan. Namun sebelum dilakukan pengenceran dilakukan perhitungan kadar solute yang akan diencerkan terlebih dahulu. Metode analisis yang digunakan dalam buku ini adalah metode titrimetri, spektrofotometri dan kromatografi.

Untuk melakukan penjaminan mutu analisis, maka proses analisis mulai dari pengambilan sampel sampai pengolahan data harus difahami dengan baik oleh seorang Analis. Kemudian hal yang dilakukan adalah menambahkan 20 ml gliserin pada larutan yang sudah diencerkan tadi. Proses pengenceran berfungsi untuk mengurangi kepekatan dalam larutan atau memperkecil konsentrasi dan berfungsi untuk menghasilkan volume akhir yang lebih besar.

  IATSE INTERNATIONAL CONSTITUTION PDF

ASIDIMETRI ALKALIMETRI_KELOMPOK 4.pdf

Titrasi dilakukan dengan cara volume zat penitrasi titran yang digunakan untuk bereaksi dengan zat yang dititrasi titrat. Kimia Analitik Kuantitatif Anorganik. Perubahan warna disebabkan oleh resonansi isomer electron.

Teori dasar Analisis kimia yang diketahui terhadap sampel yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Bila tidak cepat, titrasi akan memakan waktu terlalu banyak.

Adanya perubahan warna dikarenakan indikator menanggapi adanya kelebihan titran didalam suatu senyawa. Laporan Praktikum Asidimetri Dan Alkalimetri jj. Purwanti Widhy H – staff. Tempatkan erlenmeyer 50 titrimrtri yang sudah ditimbang di buret.

Rentang pH indikator, indikator tidak berubah warna dengan sangat mencolok pada satu pH tertentu diberikan oleh harga pKind-nya. International Journal of Arts and Sciences. Berlangsung sempurna, tunggal dan menurut persamaan yang jelas dasar teoritis. Perlakuan Hasil Larutan asam borat 25 ml Larutan asam borat diencerkan sampai ml 2. Untuk itu reaksi harus memenuhi syarat-syarat berikut: Beberapa indikator alami adalah daun kubis ungu, sehingga diharapkan mampu menentukan titik akhir titrasi Padmaningrum, Metode penelitian File link: Catat volume yang ditransfer oleh buret … File link: Larutan standar dapat dibuat dari salah satu dari dua cara Weiner, Indikator fenolftalein ini mempunyai warna tertentu pada trayek pH atau rentang pH tertentu yang ditunjukkan dengan perubahan dari warna tersebut.

ASIDIMETRI ALKALIMETRI_KELOMPOK – PDF Free Download

Kemudian dititrasi dengan NaOH 0,1 N hingga tepat berwarna merah muda. Dalam titrasi biasanya diambil sejumlah alikuot tertentu yaitu bagian dari keseluruhan larutan yang dititrasi kemudian dilakukan proses pengenceran. Larutan baku yang direaksikan dengan analay harus mudah didapat dan sederhana menggunakannya, juga harus stabil sehingga konsentrasinya tidak mudah berubah saat disimpan Hardjadi, Kemudian buret disiapkan dan dititrasi dengan NaOH 0,1N.

Perubahan warna ini disebut titik akhir titrasi. Proses titrasi digunakan dalam penentuan analitis banyak, termasuk titrimegri reaksi asam-basa. Proses penentuan kadar dilakukan dengan menggunakan proses asidi alkalimetri dikarenakan dalam bidang farmasi, asidi alkalimetri dapat digunakan untuk menentukan titgimetri suatu obat dengan teliti, karena dengan proses asidi dan alkalimetri penyimpangan titik ekivalen lebih kecil sehingga lebih mudah untuk mengetahui titik akhir titrasinya yang ditandai dengan suatu perubahan warna.

  ARCO ASVAB BASICS PDF

Alat dan bahan 5. Asam borat merupakan suatu larutan bersifat asam. Pembahasan Asidimetri dan alkalimetri merupakan titrasi yang melibatkan titrasi basa yang terbentuk karena hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah dengan suatu asam standar dengan titrasi asam yang terbentuk dari hidrolisis garam yang berasal dari basa lemah dengan suatu basa standar.

Larutan ini akan benar-benar netral jika asam dan basa itu sama kuat ; kalau tidak, akan diperoleh larutan asam lemah atau basa lemah.

Muhammadiyah University Of Surakarta | Pharmacy –

Saat terjadi titik ekivalen, terjadi perubahan warna menjadi merah muda. Dalam titrasi asam basa, basa akan bereaksi dengan asam lemah dan membentuk suatu larutan yang mengandung asam lemah dan basa kojugatnya sampai semua asam ternetralkan semuanya Lapaugi, Tiap labu erlenmyer Terjadi pencampuran dikocok larutan secara merata Disiapkan buret Buret titrimetfi dipasang dengan statifnya 7.

Ittrimetri mulai dari 5 dan 10 mL mikro buret dengan skala 0,01 mL, dan 25 dan 50 mL dengan skala 0,05 mL. Asidimetri Asidimetri merupakan penetapan kadar secara kuantitatif terhadap senyawa senyawa titimetri bersifat basa dengan menggunakan baku asam Gandjar, Hal ini dilakukan karena asam borat yang merupakan zat tambahan yang digunakan sebagai pengawet dalam sediaan sampel harus diketahui kadarnya.

Perubahan warna merah muda pada larutan disebabkan akibat adanya kelebihan NaOH pada larutan, sehingga larutan tersebut akan bersifat basa.